Gugur Gunung Warisan leluhur yang harus tetap dilestarikan

Gugur gunung atau Gotong Royong merupakan warisan leluhur yang sampai sekarang masih dilestarikan di Desa Baleharjo ini. Pria-Wanita, Tua-Muda bersatu padu untuk membangun desa ini.

Karang taruna sebagai generasi penerus harus terlibat aktif dalam kegiatan ini. Salah satunya adalah Karang Taruna “Mulyo Mudo” Padukuhan Mulyosari, Desa Baleharjo ini. Beranggotakan anak-anak muda yang energik siap membantu pembangunan di desa tercinta ini. Saat ini Mulyosari sedang giat-giatnya membangun. Ryan Eka Saputra salah satu anggota menunuturkan, melalui gugur gunung ini dapat mempererat persaudraan dan mendapatkan pengalaman/ilmu yang tidak ia dapat di bangku sekolah dulu.

Suharyanto selaku ketua menuturkan Gugur Gunung merupakan tradisi turun menurun yang harus tetap dilestarikan, dan karang taruna sebagai generasi penerus harus mau terlibat aktif. Melalui gugur gunung ini teman-teman dapat belajar mengenai banyak hal.Karang Tauna harus siap membantu warga/Padukuhan yang membutuhkan bantuannya. Membantu padukuhan dalam hal pembangunan dan membantu warga yang Hajatan ataupun warga yang sedang berkesusahan. Intinya Karang Taruna siap membantu dalam segala hal.

Gugur Gunung wadah untuk mempersatukan warga, Karena dengan Gugur Gunung tidak mengenal Kaya,miskin, pria, wanita, tua, muda, pegawai, buruh, Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha yang ada hanya sekumpulan masyarakat yang bersatu padu untuk memajukan dan membangun desa tercinta ini. Dan melalui gugur gunung semua perkerjaan dapat cepat terselesaikan.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan