Surga dan Toga Hatinya PKK

Guna memanfaatkan halaman yang kosong PKK Desa baleharjo akan mengaadakan lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan antar RT seDesa Baleharjo. Adapun lomba ini akan dimulai pada bulan desember.

Antusias Ibu-ibu PKK RT sangat luar biasa, terlihat dari persiapan untuk mengikuti lomba ini sudah dimulai sejak bulan agustus kemarin. Mulai dari mempersiapkan lahan agar siap ditanami dan penanaman bibit sayuran. Sebagai contoh PKK RT 03 Padukuhan Mulyosari Desa Baleharjo Ibu-ibu yang dibantu bapak-bapak mempesiapkan lahan. Lahan berukuran 6X6 itu milik ibu. Sriyatun. pemilik lahan memperbolehkan lahan kosongnya dimanfaatkan ibu-ibu PKK RT 03 Mulyosari. Lahan tersebut ditanami: Terong, Cabe, Bayam, sawi, kenikir, dan rempah-rempah. untuk perawatannya dilakukan oleh ibu-ibu itu sendiri dengan cara membuat jadwal untuk mengurusi tanaman tersebut. Setiap harinya ada 5-6 orang ibu datang ke kebun untuk menyiram dan merawat tanaman-tanaman tersebut. Berkat keuletan ibu-ibu, tanaman yang ditanam bulan agustus kemarin sudah ada yang bisa dipanen. Dan hasil panen dijual kepada ibu-ibu guna dimasak sendiri. Tentunya akan lebih sehat karena masih segar dan dipupuk menggunakan pupuk organik. Hasil penjualan itu dimasukan dalam kas PKK Rt. 03. Setelah menikmati hasil dan manfaatnya ibu-ibu tambah semangat dan berjanji akan terus mengelola tanaman tersebut walau sudah tidak dilombakan.

Ibu. Tri Harsanti salah satu pengurus PKK Desa Baleharjo menuturkan kegiatan ini merupakan Program Tahunan PKK Desa Baleharjo. Melalui kegiatan ini diharapkan ibu-ibu sadar akan pentingnya pemanfaatan lahan pekarangan dan melalui acara ini pula diharapkan mampu mengurangi pengeluaran untuk berbelanja sayuran. Apabila sayuran telah tersedia di pekarangan buat apa harus beli lagi, dan tentunya sayuran yang ditanam sendiri akan lebih sehat karena dipupuk dengan pupuk organik. Lahan yang tadinya tidak dimnfaatkan jika digarap dengan serius akan menghasilkan. Selain menghasilkan tetnunya menjadi Halaman Asri Tertata, Indah dan Asri. Diharapkan nantinya setiap keluarga mampu memanfaakan halamannya masing-masing pungkasnya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan