Pemdes Baleharjo Peduli Remaja

PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) adalah suatu wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga.

PIK-R desa Baleharjo mengadakan kegiatan peduli remaja dengan dialog kesehatan reproduksi remaja, dimana ada lima hak reproduksi dan seksual remaja yang dibahas, yaitu :

  1. Hak menjadi diri sendiri.
    Yaitu bebas menentukan keputusan, mengekspresikan diri, menikmati seksualitas, memilih untuk menikah dan mempunyai keluarga atau tidak.
  2. Hak mendapatkan informasi
    Yaitu informasi mengenai seksualitas, kontrasepsi, IMS dan HIV AIDS, serta kekerasan atau pelecehan seksual.
  3. Hak dilindungi dan melindungi diri
    Yaitu dari kehamilan tidak diinginkan,IMS, dan berbagai penyakit serta kekerasan maupun pelecehan seksual.
  4. Hak mendapatkan pelayanan kesehatan
    Yaitu pelayanan kesehatan yang menjamin kerahasiaan, terjangkau, berkualitas, bersahabat dan diberikan dengan penuh hormat tanpa diskriminasi.
  5. Hak dilibatkan
    Yaitu dilibatkan dalam perencanaan program remaja,mengikuti pertemuan dan seminar di semua tingkat dan ikut mempengaruhi pemerintah melalui pendekatan yang tepat.
    Kegiatan ini disambut baik dan mendapat apresiasi dari berbagai unsur dimana remaja semakin aktif berkiprah dalam mewujudkan remaja yang sehat, cakap, pintar dan tangguh sebagai remaja yang bertanggungjawab terhadap kualitas diri sebagai bagian dari keluarga, masyarakat, bangsa dan bernegara.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan