Kedatangan anak-anak TK memberikan warna baru di Pasar Besole

Baleharjo,(Baleharjo.sideka.id)–Guna mengenalkan aktivitas sosial di lingkungan sekitar, murid Taman Kanak-Kanak (TK) ST. THERESIA  mengadakan pelajaran diluar sekolah. Hari ini anak-anak diajak untuk belajar dilingkungan Pasar Besole, Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari.

Anak-anak mengantri disalah satu kios sayur mayur

Kegembiraan terpancar dari wajah anak-anak tersebut, mereka langsung menyerbu kios-kios yang ada dipasar Besole. Mereka tak terlihat takut sedikitpun untuk berinterkasi dengan sejumlah pedagang dan pembeli yang beraktivitas jual beli.

Kepala Sekolah Tk. St. Theresia Sr. M. Colleta, AK S.Pd AUD menuturkan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pihak sekolah untuk mengenalkan kepada anak-anak tetang aktivitas dipasar tradisonal. Kalau jadi penjual apa saja yang harus dikerjakan dan kalau jadi pembeli apa saja yang harus dipersiapkan dari rumah. Dari pasar itu juga anak-anak dapat belajar langsung mengenal jenis-jenis sayuran dan lauk pauk. Anak-anak dilatih untuk membeli kebutuhan ibu waktu memasak, ada yang membeli kangkung, Bayam kobis, kecap, tahu tempe dan masih banyak lagi yang mereka beli. Harapannya dengan berinteraksi langsung dengan warga yang berada di dalam pasar, maka akan menumbuhkan jiwa sosial di diri anak-anak.

Anak-anak membawa belanjaannya

Salah satu penjual di kios Pasar Besole mengatakan kegiatan seperti ini sangat bagus, agar anak-anak mengenal Pasar Tradisonal. Kebanyak sekarang yang mereka tahu hanya pasar Moderen saja, haranpan saya agar anak-anak lebih mencintai pasar tradisional agar pasar tradisonal tidak tergusur oleh pasar moderen.

Setelah selesai berbelanja anak-anak kembali kesekolah membawa belanjaannya masing-masing. Disekolah anak-anak disambut oleh orang tuanya masing-masing.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan