Siskamling cara efektif atasi gangguan keamanan

Pos Ronda

Sistem Keamanan Lingkungan(Siskamling) merupakan sistem keamanan dari masyarakat untuk masayarakat. Setiap malam warga mendapat giliran  jaga malam dilingkungan RTnya masing-masing guna menjaga keamanan lingkungan. Setiap RT mempunyai Pos Ronda dalam Pos tersebut terdapat perlengkapan untuk jaga malam, contohnya : Jas hujan, sepatu boot, pentungan, senter, Kentongan, kotak P3K. Selain peralatan, dalam Pos juga ada buku administrasi yaitu buku daftar hadir, buku kejadian dan buku tamu. Setiap malam petugas harus mengisi daftar hadir dan mengisi buku kejadian apabila terjadi sesuatu dilingkungannya, dan buku tamu diisi apabila ada tamu.

Lomba Poskamling & Toklik
Lomba Toklik

Di Desa Baleharjo kegiatan Siskamling ini berjalan dengan baik. Di Baleharjo ada 41 RT jadi ada 41 Pos ronda dan semua aktif. Dalam kegiatan siskamling itu juga diadakan jimpitan sebesar Rp. 500,-/rumah setiap malam. Petugas yang jaga harus muter ke rumah-rumah untuk cek keamanan dan mengmbil uang jimpitan tersebut. Uang tersebut dikumpulkan dalam satu bulan bisa terkumpul uang sebesar Rp. 600.000,- dan dimasukan dalam kas RT.

Kunjungan Babin kamtibmas dan Babinsa

Aktifnya kegiatan siskamling tersebut tidak terlepas dari perhatian Pemdes Baleharjo. Pemdes Baleharjo setiap tahun mengadakan Lomba administrasi Siskamling dan Lomba toklik. Dan tahun ini Pemdes Baleharjo memberikan banuan dana sebesar Rp. 750.000,-/RT untuk melengkapi perlengkapan Siskamling. Kegiatan ini mampu menggugah semangat warga untuk aktif berSiskamling. Babin Kamibmas dan Babinsa juga aktif membimbing kegiatan tersebut.

Dengan siskamling Warga Rukun dan Lingkungan aman.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan