Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan “PTP” 2017 PKK Desa Baleharjo

Team Juri

Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) tahun 2017 yang diselenggarkan ole PKK Desa Baleharjo telah berlangsung dari Tanggal 13 – 15 Desember 2017. Lomba kali ini diikuti 38 RT dari 41 RT yang ada di Desa Baleharjo. Antusias peserta dalam menyambut team juri sangat luar biasa. Lomba Kali ini team juri dari Penyuluh Pertanian Kecamatan Wonosari berjumlah 3 orang. Persiapan untuk mulai dari pembersihan lahan, menyiapkan lahan untuk ditanami sampai penanaman bibit dilakukan sejak bulan Juli 2017.

Wawancara team juri dengan peserta lomba

Peserta yang ditemui penulis mengatakan sangat berterima kasih, karena dengan diadakannya kegitan ini warga Rt 05 padukuhan wukirsari menjadi tahu betapa besar manfaatnya tanah pekarangan apabila dimanfaatkan dengan serius akan menghasilkan cetusnya. Awalnya memang berat dan melelahkan dalam menyiapkannya tetapi rasa lelah itu akan terbayar oleh hasil dari panen.

Lain halnya dengan warga Rt. 02 Padukuhan Mulyosari, Pekarangan yang kosong kalau dimanfaatkan dengan ditanami sayuran dan tanaman obat kita gak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk beli sayuran. Kita tinggal memetik di kebun dan tentunya lebih sehat karena dipupuk dengan pupuk organik.

Ketua Team Penggerak PKK Desa Baleharjo

Ibu. Sih Kawedar selaku ketua tem penggerak PKK Desa Baleharjo menuturkan kegiatan PTP tahun 2017 ini menglami kemajuan yang pesat. beliau berharap tahun depan lomba PTP akan bisa lebih lengkap tanamannya. Dan pengalaman yang didapat dalam lomba kali ini diharapkan dapat dipergunakan untuk memanfaatkan tanah pekarangan warga desa baleharjo, sehingga tujuan dari diadakan Lomba PTP ini dapat tercapai. Beliau juga berharap semangat untuk memanfaatkan tanah perkarangan tidak berhenti setelah lomba ini selesai tetapi tetap dilanjutkan.

Kepala Desa Baleharjo beserta Ibu

Bpk. Indar susanto, SIP selaku Kades Baleharjo mengapresiasi kegiatan lomba PTP yang diadakan PKK desa baleharjo. Semangat panitia dan peserta lomba sangat luar biasa sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan meriah. Tahun depan bisa digabungkan dengan lomba administrasi RT sehingga akan lebih meriah dan akan lebih banyak yang terlibat.

Penilaian hari terakhir ini diwarnai hujan lebat tetapi tidak menyurutkan semangat Team Juri dan Panitia dalam melakukan kunjungan ke lokasi-lokasi untuk melakukan penilaian. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada tanggal 18 Desember 2017 dalam pertemuan PKK di Aula Desa Baleharjo.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan